Home » » Cara Mengembangkan Uang 100 ribu untuk Modal Usaha (TERBUKTI)

Cara Mengembangkan Uang 100 ribu untuk Modal Usaha (TERBUKTI)

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, December 11, 2021

 Sebelum saya bercerita mengenai cara mengembangkan uang 100 ribu untuk usaha, apakah anda percaya akan menghasilkan jutaan rupiah? Jika anda percaya, silakan lanjutkan membaca. Kalau tidak, segera tutup halaman ini dan mulailah berfikir apa yang harus diperbuat dengan uang segitu, buat makan 3 hari saja belum cukup. Jika bisa. bisnis apa yang cocok dengan modal sedikit,? Oke akan saya lanjutkan kembali jenis bisnis modal 100 ribu yang cukup, saya tidak mengarah ke mlm, karena saya sangat tidak suka dengan sistem multi level marketing. Walaupun saya sempat menjalaninya awal awal saya masuk kuliah, maklumlah masih dungu, polos, tidak tahu apa apa.


ilustrasi http ://tempo.co

Membangun usaha modal 100 ribu bak menyeberangi lautan dengan tangan kosong, apa iya? kayaknya tidak semuanya, tergantung kematangan sikap dan tindakan anda. iya kan? kalau begitu saya akan bercerita apa yang saya rasakan (bukan curhat, tetapi berbagi pengalaman) dalam jatuh bangun membina bisnis. Waktu itu saya buka celengan berbentuk jago hasil sisa uang jajan, maklum anak buruh sisa uang jajan pasti receh kalau tidak kertas gambar pahlawan yang megang golok. Beda kalau si kaya yang sisanya aja gambar proklamator.  Tetapi bukan itu pembeda kehidupan kita, pembeda hidup orang lain dengan kita adalah cara berpikir.

Mula mula saya ingin beli telur bebek mau tek tetasin dengan menitipkan ke ayam, terus telur ayam saya jual lagi, balik lagi modalnya hehe. Saya tetaskan telur bebek 10 butir seharga 10.000. Sebulan kemudian  ayam netas tuh tapi sayang hanya sembilan. Lalu saya jual langsung umur 1 hari atau yang sering disebut DOD (Day old duck) seharga 7.000 per ekor, jadi uang saya sudah 63.000, tambah tiga kali lipat dari modal, tetapi saya rasa kurang menguntungkan, akhirnya saya beli lagi 20 butir lalu saya bisnis telur asin dan asap.

Apakah anda percaya tetang cara mengembangkan uang 100 ribu untuk bisnis telur asap dan telur asin ? anda harus percaya. Telur bebek mentah harganya 1000 saat ini, entah didaerah lain harganya berapa. Jadi uang seratus ribu bisa dapat banyak telur bebek, 100 butir bro sist. Tetapi jangan semuanya karena kita masih membutuhkan sebgaina untuk bahan lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca biaya modal yang dibutuhkan yang hanya 100 ribu:

Analisa usaha modal bisnis telur asin dan asap

Biaya investasi nol, karena bisa menggunakan peralatan dirumah
Biaya operasional
Telur mentah 70 butir                    Rp 70.0000
Garam kemasan 500an                  Rp 3.500
PLastik kemasan                            Rp 4.000
Amplas                                          Rp 12.000
Pasir/pecahan bata  7 kg                Rp 5.000 (Biasanya gratis, tp kalo beli hanya 5000/kandi 20 kg)
Total biaya                                     Rp 94.500

Asumsi pendapatan :
Harga telur asap : 3500
Harga telur asin : 3000

40 butir untuk telur asin= 40 x 3000   = 120.000
30 butir untuk telur asap = 30 x 3500 =  105.000
Total pendapatan                                     225.000

Keuntungan = 225.000-94.500 = 126.000

Jadi, keuntungan yang diperoleh sebesar 130.500, menguntungkan? jangan ragu, saya pernah menjalankannnya. Namun karena peternak bebek sangat jarang menjadi hambatan saya untuk memulainya. 

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Cuci bersih telur bebek
  2. Amplas telur agar tipis, ini dimaksudkan agar air garam masuk, sehingga bisa asin.
  3. Buat olahan atau adonan 7 kg pecahan bata merah+5-7 bungkus garam
  4. Aduk adonan sampai merata, tambahkan air sampai basah seperti adonan kue basah
  5. telur dibungkus menggunakan adonan semuanya
  6. Setelah selesai simpan sampai 7 hari
  7. Setelah tujuh hari bersihkan dan rebus gingga matang

Selain bisnis telur asin ini murah, bisnis ini juga mudah dilakukan, keuntungan besar. Untuk pemasaran biasanya ditaruh diwarung makanan dan pasar. Kekurangannya adalah sulit untuk mencari telur bebek setiap hari, kecuali daerah brebes tegal dan banyumas bagian selatan.

Mungkin hanya sekian, mungkin juga kurang mengesankan. Saya hanya mencoba memberitahu cara mengembangkan uang 100 ribu untuk bisnis telur asin berdasarkan pengalaman penulis. Semoga bisa membantu dan sukses.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}