Home » » 5 Jenis Ikan Air Payau Konsumsi Untuk Usaha Budidaya

5 Jenis Ikan Air Payau Konsumsi Untuk Usaha Budidaya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, December 19, 2021

 Jenis Ikan Air Payau - Setelah beberapa artikel koran agribisnis membahas jenis jenis ikan perairan yang berpotensi untuk bisnis dan untuk konsumsi karena mengandung nutrisi tinggi, dari mulai jenis ikan air tawar, Ikan hias dan ikan laut, kini koranagribisnis melengkapinya dengan mengulas beberapa jenis air payau. Jenis ikan yang hidup di campuran antara air tawar dan air laut (air asin) atau istilah lainnya payau. Ciri ari payau ini bisa dikatakan bahwa jika kadar garam yang dikandung dalam satu liter air adalah antara 0,5 sampai 30 gram, maka air ini disebut air payau. Namun jika lebih, disebut air asin. Air payau ditemukan di daerah-daerah muara dan memiliki keanekaragaman hayati tersendiri termasuk jenis jenis ikan konsumsi yang berpotensi untuk dibudidayakan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.


Macam ikan air payau mungkin sebagian besar sudah anda ketahui secara pasti dan pasti ada beberapa jenis ikan payau yang sering di konsumsi seperti halnya ikan bandeng yang mudah ditemukan di daerah di Indonesia. Selain ikan bandeng ternyata ada beberapa ikan payau yang potensial untuk bisnis ekspor yang menguntungkan, antara lain :

Ikan belanak
wikipedia.org
Ikan Belanak mrupakan salah satu jenis ikan perairan paya yang memiliki panggilan lain yakni Moolgarda seheli. Iklan belanak hidup di perairan tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng.Jadi ikan belanak tersebar merata di dunia ini. Sekalipun merata namun kebanyakan ikan belanak hidup di kawasan Asia Pasifik seperti Fiji, Samoa, New Caledonia dan Australia, Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Srilangka.

Ciri ikan belanak memiliki bentuk tubuh yang memanjang agak langsing dan pipih. Ciri khusus lainnnya berupa sirip punggung terdiri dari satu jari-jari keras dan delapan jari-jari lemah. Sirip dubur berwarna putih kotor terdiri dari satu jari-jari keras dan sembilan jari-jari lemah. Ciri lain dari ikan belanak memiliki gigi yang amat kecil,tetapi ada juga yang tidak memiliki gigi sama sekali, ompong.

Kepiting Bakau

Salah satu habitat air payau adalah hutan bakau, di hutan bakau banyak fauna unik dan bisa dimanfaatkan untuk makanan. Salah satunya adalah kepiting bakau (Scylla spp.). Kepiting bakau adalah kepiting yang hidup di hutan bakau yang merupakan daerah air payau. Kepiting bakau memiliki beberapa jenis, namun yang paling memiliki nila ekonomi, atau harganya mahal adalah jenis keiting Cancer serratus Forsskål.

wikipedia.org

Ciri khusus kepiting bakau adalah memiliki karapas bentuk bundar telur, lebih lebar daripada panjang , permukaan karapas halus, lokos, dan agak mencembung.  Sisi muka karapas terbagi atas empat taju yang bervariasi dari gerigi yang rendah dan tumpul hingga yang tinggi dan tajam. Sisi anterolateral masing-masing mempunyai sembilan  gerigi ukurannya sama seperti duri.

Kerapu muara


Kerapu muara atau sering disebut juga dengan kerapu balong memiliki nama ilmiah Epinephelus coioides. Kerapu muara merupakan ikan laut dari suku Serranidae yang mencakup banyak jenis kerapu yang menghuni perairan Indo-Pasifik, tetapi pada kenyaraannya banyak ditemukan didaerah hutan mangrove (bakau), laut dangkal, terumbu karang, muara/estuarium, pantai pasang surut, dan laguna berair asin. Sayangnya jenis ikan kerapu inimulai menipis dialama karena penangkapan dan habitat yang menyempit.

Kakap Putih

Jeni ikan kakap putih Lates Calcarifer ini adalah primadona masyarakat indonesia, khususnya pebisnis ikan air payau karena ikan kakap putih dikenal sebagai ikan yang menggiurkan untuk bisnis, menjadi target mancing ataupun setelah dimasak karena enak dan bergizi. Ikan hampir terdapat terdapat dibelahan dunia manaunkecuali daerah khutub.

Iklan ini merupakan ikan yang banyak dikenal didunia dan sudah mendapat beberapa julukan  seperti ikan Barramund, Barra, Giant Perch, Palmer Perch, dan ikan gelam. Habitat Ikan ini tidak terbatas karena habitat hidupnya di air payau dan air laut asin. Ikan ini juga dapat hidup di muara sungai, tambak,hutan mangrove yang mempunyai air jernih dan dan dangkal.

Demikian informasi seputar Jenis Ikan Air Payau Untuk Budidaya yang potensial untuk bisnis dan ikan konsumsi. Adapun jenis jenis ikan air payau lainnya yang bisa anda temukan, mungkin bisa anda sebutkan di kolom komentar..

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}