Home » » 12+ Desain Cafe Klasik Untuk Usaha Kecil Kecilan

12+ Desain Cafe Klasik Untuk Usaha Kecil Kecilan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, November 15, 2021

 Desain Cafe Klasik untuk usaha cafe kecil kecilan menjadi pilihan alternatif ketika sudah banyak pengusaha modal besar yang sudah dulu memulai usaha cafe, terutama di kota kota besar seperti jakarta, bandung dan surabaya. Dengan begitu, kita perlu analisa peluang usaha, modal usaha beserta tips membuka usaha cafe kecil kecilan agar bisa tetap bersaing dengan cafe cafe besar. Bagaimana caranya? kita akan memulainya dengan menganalisa peluang usaha cafe kecil kecilan.

Peluang usaha Cafe kecil kecilan

Untuk membuka usaha cafe kecil kecil kita harus mempunyai target pemasaran atau segmen pemasaran. Segmen yang cocok untuk bisnis cafe kecil kecilan adalah untuk pelajar dan mahasiswa. Kita tahu sendiri uang pelajar dan mahasiswa juga cocok untuk nongkrong di cafe kecil. Untuk itu perlu penmilihan lokasi yang tepat buat cafe agar bisa terjamah pelajar dan mahasiswa, tidak terlalu jauh dan juga terlalu ramai atau bising. Soalnya cafe biasanya buat ngobrolin sesuatu diluar akademik mereka. Salah satu agar cafe ramai adalah memiliki desain cafe klasik modern, vintage, minimalis, serta kekinian baik outdoor maupun indoor.

Modal Usaha Mini/kecil

Berikut modal yang harus dikeluarkan untuk membuak usaha cafe kecil, tidak harus sama, namun rincian modal dibawah ini adalah contoh modal buat cafe sederhana:


- Sewa toko/bangunan selama 1 tahun @Rp 8.000.000 = Rp 8.000.000

- Meja dan kursi 10 set @Rp.1.000.000                         = Rp.10.000.000

-Etalase                                                                           = Rp.5.000.000

-Peralatan makan piring, gelas dsb                                 =Rp.3.000.000

-Peralatan masak, kompor, dsb                                       =Rp.5.000.000

-Bahan baku awal                                                           =Rp.3.000.0000

-Biaya lain-lain                                                               = Rp.4.000.000

-Gaji pelayan 2   orang                                                   =  Rp 2.000.000



Total                                                                               = Rp 40.000.000

Setelah kita tahu peluang usaha dan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cafe kecil kecilan, sekarang kita lanjut mengenai tips bagaimana bisnis cafe kecil kecilan yang kita jalankan laris dan ramai pengunjung, Berikut ulasannya. Ulasan mengenai tips ini rangkum dari Pakar UKM yang dipublikasikan oleh detik.

1. Lokasi Usaha
Lokasi usaha bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah yang dekat dengan area kampus. Makin sering kafe Anda dilewati oleh pelajar dan mahasiswa, makin besar kemungkinan kafe Anda akan dikunjungi. Usahakan lokasi tidak terlalu bising dengan kegiatan akademik, karena cafe biasanya buat membicarakan diluar itu. ( saya juga :D ).

2. Buat konsep yang unik dan menarik, namun klasik

Konseplah dengan desain cafe klasik dari ciri bangunan, namun nuansaya modern, anak muda dan kekinian. Seperti halnya menyajikan lagu lagu hist. Untuk menata kursi dan meja sebaiknya sediakan meja besar, sedang dan couple biar yang datang bisa memilih sesuka hati. Tidak mungkin anak muda pacaran duduk dikursi dengan meja besar yang bisa muat 10 orang.

3. Daftar Menu lengkap dan murah
Kebanyakan dari mereka yang datang ke cafe adalah untuk menikmati kopi, minuman dingin dan aneka jus sambil ngobrol santai. Jarang ada yang memesan makanan seperti nasi goreng dan ayam bakar, haha. Selain mahal, di pinggir jalan juga banyak dan murah. Jadi banyak banyakin aneka minuman dan snack ringan.

4. Wifi Gratis
Tersedianya fasilitan akses internet gratis adalah pilihan disamping menu makanan yang murah, karena anak muda dekat dengan sosial media yang tentu membutuhkan akses intenet setiap waktu. Jadi menyediakan layanan ini adalah pilihan tepat.

5. Promo melalui voucher minuman dan makanan gratis
Cara ini adalah langkah tepat promosi cafe anda kepada mahasiswa. Kita tahu bahwa muka gratisan sangat melekat pada orang indonesia terutama mahasiswa perantauan/ anak kost. Jadi berilah voucher gratis untuk pemesanan lebih dari nominal yang ditentukan serta kunjungan yang ditentukan.

Adapun contoh contoh desain cafe kasik dibawah sebagai referensi :













Itulah desain cafe klasik untuk usaha kecil kecilan beserta rincian modal yang dibutuhkan. Dan tidak lupa tips memulai usaha cafe agar laris dan ramai pengunjung. Semoga bisa membantu anda, terutama jiwa jiwa pebisnis yang haus akan keberhasilan usaha.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}