Home » » 7 Peluang Usaha Rumahan di Desa untuk Masa Tua

7 Peluang Usaha Rumahan di Desa untuk Masa Tua

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, May 27, 2020

Peluang Usaha Rumahan di Desa - Memulai Usaha yang di desa terpencil dan berkembang adalah salah satu peluang usaha menjanjikan dan berpotensi untuk sukses meraih keuntungan, sekalipun usaha rumahan modal kecil yang berbasis kekeluargaan. Jika melihat peluang usaha yang menjanjikan di desa, tentunya anda sudah pernah tinggal didesa adalah pertimbangan awal dalam usaha. Pertimbangan kedua adalah mengenai kebutuhan yang paling banyak dicari dan diminati didesa. Yang ketiga adalah persaingan, biasanya jika sudah ada toko besar dalam wilayah desa tersebut akan sangat sulit menembus pasar di pedesaan, karena rasa percaya mereka sukar untuk berpaling. Jenis Usaha di pedesaan yang cocok  memang bisa dilihat dari pertimbangan tersebut, namun disisi lain topografi wilayah juga sangat berpengaruh terhadap bisnis didesa karena daerah pegunungan dengan daerah pantai tentunya berbeda kebutuhannya.

Peluang usaha rumahan di desa
Peluang usaha rumahan di desa

Menggali Ide usaha di desa


Contoh usaha di desa yang menjanjikan dan sudah banyak dijalankan  oleh masyarakat baik itu usaha didesa modal kecil atau modal besar. Anda bisa melihat desa yang sudah maju dengan desa pelosok, bandingkan usaha apa saja yang belum ada didesa. Jika anda menemukan desa yang belum ada usaha tersebut, kesempatan anda membuka usaha didesa tersebut. Ibaratnya anda cukup mengkopi paste saja. Namun belum tentu cara ini berhasil dengan baik, karena kecenderungan desa pelosok lamban dalam perubahan perkembangan pasar dan teknologi.

Pandangan yang lain adalah dengan melihat kebiasan orang desa, biasanya mereka membutuhkan fasilitas yang harus dibeli kekota. Kebiasaan masyarakat yang berbeda adalah bercocok tanam, beternak, dan usaha jasa lainnya yang banyak dibutuhkan. Dari kebiasaan kebiasaan itu anda bisa mensegmentasi pasar dengan mendirikan sebiah usaha yang berkaitan dengan kebiasaan tersebut terutama barang dan jasa yang dibutuhkan. Nah, dari sekian banyak usaha di desa, ada beberapa usaha yang banyak dimintai karena menguntungkan.

Beberapa Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Ada beberapa peluang usaha rumahan di desa yang mungkin bisa kalian pertimbangkan untuk mulai kalian jalankan. Sesuaikan kebutuhan, kemampuan dan ketekunan.

Menanam padi dan palawija


Menanam pada dan palawija adalah usaha didesa yang paling lawas dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun dari nenek moyang. Usaha yang masuk kategori usaha pertanian ini dijalankan untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok dan selebihnya dijual untuk membeli lauk. Padi yang kita tahu merupakan makanan pokok indonesia, tentu jika anda usaha menanam pada tidak usah bingung, pastinya anda untung asalkan bisa panen normal, tidak terkena hama penyakit padi. Palawija adalaj jenis tanaman pengganti padi, tanaman ini disisipkan untuk memeperbaiki sistem tanah agar tetap subur. Jenis tanaman palawija yang biasa ditanama berupa jagung, kedelai, kacang tanah dan cabai. Dengan menjalankan usaha ini tentunya anda harus punya sawah dengan irirgasi yang baik. Punya pekerja dan tentunya modal yang cukup untuk perawatan seperti obat dan pupuk.


Toko kelontong


Usaha didesa memang banyak macamnya, lokasi didesa yang jauh dari kota dan pasar, membuka toko kelontong yang menyediakan lengkap segala kebutuhan pokok menjadi peluang usaha rumahan di desa yang menggiurkan. Toko kelontong pada umumnya menyedaikan bahan pokok atau sembako dengan tambahan jajanan ringan. Setiap komplek pasti ada dua atau tiga toko kelontong. Tips agar pelanggan membeli ditoko kelontong anda harus memiliki kriteria dimana toko kelontong anda lengkap, hargga lebih miring walau hanya selisih 500 perak dan menyediakan utangan. Kebiasaan orang desa akan utang dalam sebulan kemudian membayar hutangnya setelah gajian.

Sewa peralatan pertanian


Petani tidak semuanya memiliki fasilitas untuk melakukan kegiatan pertaniannya. Petani membutuhkan fasilitas dimana butuh jasa orang lain untuk memperkerjakannya, yaitu saat panen, saat penggarapan sawah untuk membajak dengan traktor atau sapi. Dulu memang banyak petani yang mengandalkan tenaga sendiri dalam panen. Istilah jawanya yaitu gepyok. Namun saat ini sudah ada mesin panen padi, petani banyak beralih menggunakan mesin panen padi karena lebih praktis dan tidak membuang tenaga lebih. Sekalpun jama sudah modern, didesa jasa ternak masih dipakai, terutama unutk menggarap ssawah yang tidak bisa dijangkau oleh mesin pembajak sawah. Jadi jikalau anda mengusahakan jasa sewa alat pertanian akan menjadi usaha sampingan yang menguntungkan walau itu musiman.

Sewa tarub dan sound sistem


Sama halnya jasa sewa alat pertanian, jasa sewa tarub dan sound sistem adalah usaha musiman, namun menjanjikan. Jasa sewa tarub sound sistem dibutuhkan ketika ada acara hajatan pernikahan, khitanan, pengajian dan acara besar lainnya yang memerlukan jasa tersebut. Tidak sedikit yang memakai jasa ini ketika musimnya tiba karena dinilai dengan tarub lebih praktis daripada menggunakan tratag dengan bambu. Kemudian jika sudah ada tarub biasanya sepaket dengan sound sistem sebagai pengeras atau peramai suasana acara hajatan. Jika anda tertatik mengusahakan jasa ini, anda harus investasi tarub dan sounnd sistem dengan modal cukup besar.

Beternak


Kebiasaan masayakar desa selain bertani adalah beternak. Jenis ternak yang paling sering dieplihara dalah kambing sapi, domba ayam dan bebek. Masayarakat m engusahakan usaha beternak karena untuk tabungan, namun seiring perkembangan jalan banyak yang mendirikan usaha peternakan skala besar seperti peternakan ayam pedaging dan ayam petelur baik mandiri, kemitraan atau melalui kelompok tani ternak. Usaha beternak sangat cocok didesa karena masih banyak lahan kosong di area yang cukup jauh dari pemukiman. Adapun jenis ternak kecil yang tidak kalah mengutnungkan jika diusahakan. Bisa nih, kalau kalian punya tanah luas di tanah didesa manfaatkan peluang usaha rumahan di desa dengan beternak.

Pengepul hasil pertanian


Petani akan menjual hasil pertaniannya ke juragan, bakul atau pengepul hasil pertanian karena dinila lebih gampang tanpa memikirkan pasar, transportasi dan biaya tambahan lainnya. Hanya saja menjual ke pengepul akan lebih murah dibanding djual langsung kepasasr. Nah, ini adalah noment yang menuntungkan kektika anda menjadi seorang pengepul hasil pertanian. Annda akan memperoleh seilish harga yang cukup utnuk meraih penghasilan yang besar dari petani. Untuk menjadi pengepul minimal anda punya tempat dipasar tradisionala atau memliki toko sendiri sehingga lebih gampang memasarkan produk pertanian kembali dan menentukan harga jual. Dengan kondisi sperti itu tentu modal yang anda keluarkan cukup besar. Itu akan menjadi pertimbangan anda.

Konter pulsa eletronik dan listrik


Semula usaha konter didesa sepi, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi banyak orang desa yang memiliki gadget. Tentu usaha mendirikan konter pulsa sangat menguntungkan apalagi jika dalam komplek itu belum anda yang mendirikan. Kita pun butuh semua itu setiap hari, jadi peluang menjual pulsa didesa sangat besar karena belum banyak konter seperti dijalan besar dan kota kota besar. Selain pulsa eletronik untuk ponsel, masayrakat sekarang pun sudah banyak yang beralih dari listrik konvensional ke pulsa listrik. Itu juga peluang bersama ketika mendirikan sebuah konter di desa. Adapun jenis pembayaran lainnya, namun masih belum banyak digunakan di desa.

Itulahbeberapa peluang usaha rumahan  di desa yang menguntungkan untuk dijalankan di masa pensiun atua masa tua di kampung halaman. Adapun jenis usaha lain yang tidak kalah menguntungkan. Usaha diatas sebagai contoh usaha didesa yang paling banyak dijalankan. Anda bia melihat peluang usaha deidesa dengan cara pandang sendiri, karena kaca mata bisnis orang berbeda beda. Jadilah pengusaha proesional yang panda melihat peluang dimanapun berada, karena itu salah satu kunci suksesnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}