Home » , » Rincian Modal Usaha Martabak Mini dan Resep Untuk Jualan

Rincian Modal Usaha Martabak Mini dan Resep Untuk Jualan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, June 17, 2019

Usaha Martabak Mini - Ngomong ngomong soal makanan untuk dijual, terutama makanan kecil untuk target anak anak sekolah, ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari aneka jajanan tradisional sampai makanan yang akhir akhir banyak digemari anak. Jenis makanan yang  laris dan sedang berkembang pesat saat ini, mungkin salah satunya adalah martabak mini atau lebih dikenal dengan martabak unyil. Dijuluki mini karena memang bentuk lebih kecil daripada martabak yang sudah ada sebelumnya Pada umumnya martabak memiliki ukuran yang besar dan berbentuk bulat. Kalau martabak mini yang berukuran lebih kecil dengan aneka rasa yang sangat cocok untuk camilan dan jajanan anak anak. Bentuknya imut imut dan rasa yang enak sehingga pas untuk anak anak.

Bagi yang sedang mencari ide usaha makanan rumahan untuk dipasarkan melalui online atau offline, anda bisa mencoba martabak mini. Walau kita tahu martabak mini banyak dijual menggunakan stand dipinggir jalan bersamaa dengan aneka jajanan kaki lima. Kuliner siap saji juga banyak dijajakan oleh penjual dipinggir jalan, kaki lima, pusat perbelanjaan dan tempat keramaian, Mudah sekali untuk kita temui, karena memang para penjual memahami peluang bisnis dari kuliner yang laris manis. Nah pada kesempatan kali  ini saya sedikit memberi informasi mengenai tips bisnis dan rincian biaya modal awal usaha martabak mini, meningat sebelum usaha kita perlu merinci detail perhitungan modal dan keuntungannya. Apalagi ingin memulai usaha sendiri. Jika memilih franchise martabak mini mungkin beda lagi ceritanya.
Usaha Martabak Mini
Usaha Martabak Mini

Tips usaha martabak mini banyak pembeli

Keuntungan dalam bisnis martabak ini diantaranya konsep yang sederhana, dengan penggunaan peralatan murah anda sudah bisa berjualan martabak jenis ini, sehingga bisa dijadikan usaha sampingan kecil kecilan dirumah. Hanya saja banyak penjual perlu adanya pembeda. Kita bisa membuat produk maratabak menjadi lebih unik mungkin dari sisi bentuk dengan toping rasa yang lebih bervariasi layaknya coklat, seres, keju, rasa buah buahan dll. Hal ini semata mata sebagai strategi pemasaran agar banyak pembeli.

Strategi lainya adalah memilih lokasi yang strategis untuk berjualan. Umumnya seperti pernjual makanan jajanan lainya mengandalkan tempat keramian yang mudah diakses. Namun lokasi strategis sperti pinggir jalan, kaki lima dan pusat perbelanjaan tidak menjamin anda laris, karena ada faktor pesaing kuliner sejenis atau lain jenis yang lebih populer.

Resep dan Cara Pembuatan martabak mini

Resep martabak mini adalah andalan penjual, sebab resep berkaitan rasa martabak sendiri. Jika lidah menerimanya dengan enak maka konsumen juga mengatakan begitu, karena lidah ga bisa bohong kalau soal rasa.

Bahan bahan yang dibutuhkan :
  1. 250 gram tepung segita biru
  2. 6 sdm gula
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdt Fermipan
  5. 1 butir telur
  6. 1 sdt baking soda
  7. 500 ml air
  8. 2 sdm SKM
  9. Toping: meses keju dan selai jelly
Langkah pembuatan :
  1. Masukan tepung, gula, fermipan, garam, baking soda aduk rata
  2. Tambahkan air, skm, telur aduk kembali, diamkan 60 menit
  3. Panaskan cetakan olesi margarin. Setelah adonan di diamkan akan mengembang
  4. Cetak adonan di cetakan tekan bagian tengah agar membentuk pinggiran yang krispy
  5. Bila sudah berubah warna coklat angkat beri toping sesuai selera,
  6. Siap deh berangkat jualan
Sumber resep : Cookpad.com

Anda bisa mengggunakran resep martabak mini diatas untuk berjualan, cukup anda sesuaikan bahannya dengan perbandingan jumlah yang akan dibuat.

Rincian modal dan keuntungan usaha martabak mini

Modal tetap Nilai (Rp)

Gerobak 2.500.000
Kompor+Taung gas 300.000
Wajan martabak anti lengket : 300.000
Perlengkapan masak lainnya : 150.000
Baskom, mixer dan lain : 500.000
Wadah bumbu dan toping: 100.000

Total  modal tetap : Rp 3.850.000

Biaya Operasional

Pembelian bahan baku (200.000 x30) : 6.000.000
Gas LPG : (18.000 x 10 ) : 180.000
Kemasan plastik/kertas minyak : 150.000 
Lainnya : 100.000

Ttoal biaya operasional : Rp 6.430.000

Total modal awal : Rp 3.850.000 + Rp 6.430.000 = 9. 280. 000

Pendapatan :

Asumsi penjualan dalam sehari 350 biji dengan harga Rp 1000. Jadi pendapatan yang diperoleh adalah 350 x 1000 = 350.000 per hari dan 350.000 x 30 hari =  10.500.000 Per Bulan

Keuntungan

Pendapatan - biaya operasional
= 10.500.000 - 6.430.000
= Rp 4.070.000

*Ini hanya sebuah contoh perhitungan yang belum tentu sama dengan fakta, karena penjualan anda sangat tergantung dari faktor lokasi, rasa dan pesaing.

Tips Pemasaran Martabak Mini


  • Bentuk pemasaran paling mudah adalah berjualan dipinggir jalan yang ramai lalu lalang pejalan kaki maupun dengan kendaraan. Sebab lokasinya mudah ditemui dan mudah dilihat
  • Jika sasarannya anak anak, maka warna dan bentuk lebih variasi. Jangan tergantung pada rasa saja, karena ketertarikan itu bisa jadi karena melihat pertama kali
  • Memanfaatkan media sosial seperti facebook dan instagram untuk mempromosikan martabak mini
  • Membuka reseller kepada masyarakat yang ingin berjualan lagi, sehingga pemasarannya lebih luas

Bagaiamana kawan? dengan ulasan peluang dan rinican usaha martabak mini mungkin bisa menjadi pertimbangan anda dalam memulai usaha kuliner unik unik. Kalau belum tertarik mungkin anda bisa mencoba peluang usaha satu ini, usaha nugget rumahan.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru