Home » , , » Peluang Usaha Nugget, Usaha Kuliner Rumahan Modal Kecil

Peluang Usaha Nugget, Usaha Kuliner Rumahan Modal Kecil

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, May 22, 2019

Peluang usaha nugget yang dulu hanya bisa kita ketahui merk nugget fiesta dan so good, kini mudah ditemukan di penjual kaki lima pinggir jalan dengan berbagai aneka nugget rumahan. Sebab, kuliner jenis ini sudah cukup populer menjadi jajanan anak anak yang bergizi. Tak heran banyak masyakaraat yang membuat nugget rumahan untuk memenuhi pasar yang cukup tinggi.

Nugget sejatinya salah satu olahan daging sapi layaknya bakso dan sosis yang kini sama sama banyak diminati masyarakat. Hanya saja seiring berkembangnya zaman sudah banyak variasi nugget, seperti nugget pisang, tahu, sayur dan nugget tempe. Variasi ini tidak lain adalah mengganti bahan utama daging sapi yang harga relatif mahal dengan bahan lebih murah.

Usaha Nugget

Dilihat dari segi modal, pembuatan nugget tidak memerlukan peralatan dan modal besar, karena proses pembuatannya diawali dengan daging digiling, kemudian diaduk dengan tepung  dan bumbu menjadi adonan, kemudian dikukus. Untuk lebih gurih dna dinikmat nugget digoreng.

Biasanya para pembuat nugget tidak menjual nugget goreng, melainkan nugget setengah matang yang dikemas dan dijual ke mini market dalam keadaan beku (Frozen food) serta para penjual nugget goreng keliling sebagai jajanan anak.

Disini ada dua pilihan peluang usaha nugget, yakni menjadi pembuat nugget atau menjual nugget matang. Walau boleh dua duanya, namun jika anda sendirian dalam menjalani bisnis, pekerjaan tersebut akan sangat melelahkan.

Sebagai Pembuat nugget rumahan

Pilihan membuat nugget adalah langkah tepat jika memang anda tidak bisa keluar rumah, mungkin bagi ibu rumah tangga yang nyambi ngerawat anaknya. Seperti sudah saya utarakan, bahwa cara pembuatannya mudah. Anda bisa membaca resep cara membuat nugget untuk dijual dibawah ini :

Bahan-bahan
  • 1 kg ayam bersihkan, lalu di fillet
  • 6 bh bawang merah, iris goreng
  • 6 bh bawang putih, iris goreng
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • sedikit air sampe bisa diblender ayamnya
  • 6 sdm tepung tapioka
  • 1 bh wortel uk.besar, potong kecil
  • 1/2 sdt gula pasir
  • bahan pencelup:
  • 1 butir telur
  • 75 ml air
  • 2 sdm tepung bumbu
  • 2-4 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • secukupnya tepung bumbu
  • secukupnya tepung panir

Langkah pembuatan :
  1. Ayam difillet lalu di potong kecil, kulit ayam bisa digunakan tapi hrs di gunting kecil utk memudahkan pas diblender
  2. Blender ayam, bumbu, wortel dgn bantuan air sedikit demi sediki aja biar cepat halus
  3. Setelah halus campurkan tepung tapioka aduk rata, tes rasa dgn menggoreng sedikit adonan.
  4. Kukus adonan ayam dalam cetakan dilapisi plastik tahan panas dan diolesi minyak
  5. .kukus 30 menit, setelah matang dinginkan baru potong sesuai selera
  6. Untukk bahan pencelup aduk semua sampai konsistensi agak kental.
  7. Nugget yg sdh dipotong di guling dalam tepung bumbu, lalu dalam adonan pencelup lalu trakhir ke dalam tepung panir. Simpan dalam kulkas sekitar 1 jam sebelum di goreng.
  8. Nugget yang di freeze sebaiknya di goreng dalam minyak banyak agar matang sampe ke dalam.
Sumber : Cookpad.com

Bisnis membuat nugget rumahan kuncinya adalah pada efiesieni penggunaan bahan dasar, rasa dan teksturnya. Bahan dasarnya adalah daging, namun untuk menghemat biaya produksi anda bisa menggunakkan bahan dasar pengganti seprti sayuran, tahu, tempe dan pisang.

Rasa nugget mentah adalah bumbu yang khas sehingga kalau digoreng tidak memerlukan bumbu tambahan lagi. Soal tekstur, nugget jangan dibuat terlalu lembek agar tidak terlalu rusak ketika dipasarkan.

Pendistribusian nugget sebaiknya dalam keadan beku, karena nugget merupakan bahan makanan yang cepat membusuk dan bau. Dengan pembekuan, nugget bisa tahan lama.

Modal yang dibutuhkan dalam usaha nugget rumahan tergantung dari volume pembuatan dan bahan dasar yang digunakan. Saran saya buatlah uji coba untuk dimakan sendiri seblum dipasarkan.

Peluang Pemasar atau Penjual nugget sebagai jajanan anak anak

Ketika anda kurang handal dalam membuat aneka nugget, anda bisa mencoba usaha nugget keliling. Target penjuaaln nugget adalah anak anak. Jadi tempat startegis dalam berjualan adalah ditempat yang banyak anak anak seprti sekolahan SD, TK dan SMP atau tempat keramian lainnya.

Anda hanya membeli ke distributor nugget rumahan kemudian dalam penjualannya dengan metode digoreng dulu. Artinya anda membutuhkan peralatan menggoreng seperti wajan, kompor dan gerobak untuk mendukung kelancaran usaha.

Berapa kiranya modal usaha nugget?

Modal Tetap

Gerobak kecil Rp 500.000
Alat penggoreng+t. gas Rp 200.000
Wadah bumbu Rp 20.000
Jumlah modal tetap : Rp 720.000

Biaya Operasional 1 bulan

Bakso Rp 500.000
Plastik pembungkus Rp 20.000
Gas Rp 100.000
Bumbu kecap Rp 30.000
Jumlah biaya operasional : Rp 650.000

Total Keseluruhan : Rp 1.370.000

Pendapatan :

Asumsi harga nugget per butir Rp 1000
Asumsi penjualan nugget = 100 nugget x Rp 1000 = Rp 50.000

Jumlah pendapatan per bulan = Rp 100.000 x 30 = Rp 3.000.000

Keuntungan bersih
=Jumlah pendapatan perbulan - biaya operasional
= Rp 3.000.000 - Rp 650.000
= Rp 2.350.000

*Hanya contoh perhitungan

Begitulah kura kuranya mengenai usaha nnugget yang bisa kita ambil, mungkin bisa menjadi gambaran dalam memulai usaha baik menjadi pembuat atau pemjual nugget keliling. Sekian, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}