Home » » 6 Usaha Rumahan Paling Mudah Dikerjakan Oleh Orang Tua Lanjut Usia

6 Usaha Rumahan Paling Mudah Dikerjakan Oleh Orang Tua Lanjut Usia

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, July 14, 2017

Setelah Pensiun, para orang tua yang sudah lanjut usia, Lansia, tidak begitu saja lepas dengan yang namanya kegiatan mencari nafkah, karena tidak mungkin hanya mengandalkan uang pensiuan, disisi lain anaknya masih sekolah atau kuliah. Tentu pekerjaan sampingan  atau bisnis rumahan menjadi pilihan untuk menambah penghasilan di masa tua. Lalu usaha apa sajakah yang cocok untuk dijalankan orang tua lansia pensiunan PNS agar tidak membebani kesehatannya?

saha Rumahan Paling Mudah Dikerjakan Oleh Orang Tua Lanjut Usia

Ya, hal penting dalam memilih usaha untuk orang tua dirumah adalah pekerjaan pekerjaan yang tidak membebani fisik dan kesehatannya yang sudah tidak terlalu kuat untuk pekerjaan berat dan banyak pikiran. Kedua. adalah usaha usaha yang terlalu sering keluar atau pergi dirumah, panas panasan atau hujan hujanan. Terakhir pekerjaan yang melibatkan banyak pihak, hanya beberapa saja, kalian, penjual dan produsen serta konsumen.

Ketiga indikator dalam memilih usaha tersebut dapat anda terapkan dalam usaha sampingan dirumah yang akan kalian kerjakan nantinya. Arti secara umum, usaha usaha yang anda pilih nantinya adalah usaha usaha ringan modal kecil. Jika bingung enggak punya ide, dibawah ini ada beberapa contoh ide usaha dirumah yang mungkin cocok untuk orang tua lansia pensiunan PNSdengan modal yang tida terlalu besar.

1#Usaha Toko Kelontong rumahan

Usaha paling cocok dijalankan untuk para orang tua pensiuan PNS guru, TNI dll adalah usaha toko kelontong. Usaha ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari hari dari sembako, bumbu dapur, sayuran alat alat mandi, dan cuci seta jajanan anak anak. Mekanisme kerjanya sangat mudah, hanya pergi ke distributor atau distributor yang mengirim ke toko kelontong anda, Anda menjual secara ecer atau grosiran, kemudian anda kulak lagi seperti itu setrusnya.

Anda  bisa meminta distributor mengirim ke toko anda, jadi pekerjaan anda ringan, hanya sebatas melayani pembeli sampai batas waktu yang anda tentukan sendiri. Dari sisi modal, usaha ini tidak terlalu besar sehingga tidak menyita uang sisa tabungan atau pensiunan anda. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal 5-10 jutaan, 

2#Usaha Ternak Ayam Kampung

Memelihara ayam kampung adalah pekerjaan paling mudah diantara ternak lainnya seperti ayam potong, kambing sapi dan bebek. Ada banyak keunggulan dari ayam kampung seperti lebih tahan penyakit, pakannya irit dan mudah dipelihara disembarang tempat atau umbaran.Selain itu modal yang dibutuhkan tidka banyak.

Pengalaman saya dalam memilih usaha untuk orang tua saya, adalah usaha ayam kampung. Karena orang tua ingin selalu bekerja walau hasilnya sedikit. Kedua orang tua saya memelihara ayam kampung dengan jumlah hampir seratus ekor dengan hasil 1-1.5 juta per bulan. Saya rasa itu cukup, untuk kebutuhan sehari hari dan untuk membeli pakan.

3# Usaha Penangkaran Burung Kicau

Satu lagi usaha ternak yang mudah adalah penangkaran burung kicau. Beda dengan ayam kampung, burung kicau lebih cocok untuk pecinta burung atau minimal menyukai burung.Kegiatan usaha dalam penangkaran sangat mudah dan ringan, dari mulai memberi pakan, merawat kandang dan perjodohan burung.

Prospek burung kicau saat ini masih sangat cerah, karena pecinta burung masih banyak dan akan terus bertambah. Peluang itu bisa dilihat dengan adanya toko pakan burung, serta kontes kontes burung setiap bulannya yang diadakan diberbagai daerah.

Anda bisa memilih jenis jenis yang mudah diternakan seperti kenari, lovebird, pleci, jalak serta aneka burung kicau lainnya. Selain menikmati penghasilan, anda juga menikmati suara suara merdu dari burung yang anda ternakan.

4# Usaha Tabulampot dirumah

Jika memiliki lahan kosong dirumah, anda bisa memanfaatkannya untuk berkebun tanaman buah dalam pot. Usaha ini tidak terlalu berat, dan tidak pergi kemana mana, hanya dikebun saja. Peluang usaha buah tentunya masih bisa diandlakan, karena buah merupakan kebutuhan pokok manusia. Anda bisa memulainya dengan polybag yang murah sebagai tempat tumbuh buah.

Ada banyak jenis buah yang bisa dalam pot  seperti buah naga, tomat, cabe, jeruk, jambu, dan aneka buah lainnya. Buah buah itu bisa anda jual secara kolektif ke penjual atau membuat lapak sendiri. Selain mendapatkan keuntungan, anda juga bisa menikmati keindahan hasil kebun yang menjadi indah dengan tanaman buah anda.

5# Usaha Sesuai Hobi saat Muda

Ketika masih ada hobi yang belum tewujud saat muda, mumpung diberikan kesehatan, anda bisa menikmati hobi hobi anda dengan sesuka hati. Tapi, kalau bisa hobi yang bisa mendatangkan penghasilan sampingan. Ada beberapa hobi yang isa diandalkan untuk bisnis dirumah, yakni memasak, fotografer, menulis, melukis, atau mengaji.

Dengan bekerja sesuai hobi  atau ketrampilan anda tidak memiliki beban yang berarti, justru anda akan bahagia, karena ada banyak energi dari hobi yang anda salurkan. Padaintinya, Jangan sampai dimasa tua banyak dibebani usaha usaha yang membuat anda makin stress.

6#Ketrampilan kerajinan tangan

Anda juga bisa memanfaat ketrampilan dalam membuat kerjaniann tangan yang kiranya bisa dijual dan bisa dibuat bisnis, atau anda bisa mengikuti kegiatan pelatihan lansia yang biasa dilakukan dipantai jompo dan dipedesaan oleh dinas sosial. Hal ini merupakan peluang dan kesempatan bagi Lansia (Potensial) untuk mengisi waktu luangnya dengan berbagai kegiatan atau aktivitas yang positif, bermakna, dan produktif bagi dirinya maupun orang lain. Kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan harus sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang mereka miliki.

Contoh Ketrampilan tangan dalam membuat kerajinan tangan yang diajarkan dipelatihan biasanya meliputi  membuat tusuk sate, sarana sembahyang, menganyam (bambu, rotan, dsb), membuat sapu (lidi, ijuk, dsb), menyulam, membuat keset, membuat telur asin, membuat krupuk karak dari sisa nasi, merangkai bunga, menjahit, kristik, membuat batu nisan, tukang urut, taplak, roti/kue.

Ya itu beberapa usaha dirumah untuk orang tua lanjut usia yang mudah dikerjakan, karena ringan dan tidak membtuhkan modal yang besar. Sekian, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}