Home » , » Cara memulai bisnis air minum dalam kemasan dengan modal kecil

Cara memulai bisnis air minum dalam kemasan dengan modal kecil

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, May 16, 2019

Memulai bisnis air minum kemasan baik dalam gelas atau botol memang menjadi daya tarik sendiri mengingat bisnis air minum kemasan masih terbuka lebar. Kebutuhan manusia semakin menjorok kepada barang barang instan praktis dalam kemasan, didukung dengan peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap produk usaha kecil menengah harus berlabel dan memiliki kemasan sesuai SNI, mengutamkan produk ASUH, aman sehat utuh dan higinies menjadikan peluang usaha air minum semakin menguntungkan.
ilustrasi : solobelanja.com

Dari tahun ke tahun memang bisnis air kemasan masih didominasi oleh perusahaan besar seperti indofood, Danon , garuda food dan lainnya, namun sudah banyak pula UKM bidang makanan dan minuman yang sudah mengeluarkan produk dalam kemasan gelas dan botol. Rata rata dari mereka adalah menawarkan produk herbal dalam kemasan,  mengingat sirup, susu dan teh serta kopi sudah dikuasai pemain besar. Anda bisa mengamatinya produk air minum kemasan di toko modern, aldamart dan indomartm disana tersedia berbagai jenis dan harga produk kemasan air minuman dalam gelas dan botol serta dalam plastik.

Jika anda ingin buka usaha air kemasan, peluang masih terbuka lebar, apalagi produk herbal indonesia berlimpah, bisa anda kemas dan jual dengan harga yang lebih tinggi. Jika anda tertarik, anda perlu memerlukan beberapa tahap memulai bisnis air minum kemasan berikut ini :

1#Menentukan jenis air minum yang akan dikemas atau diproduksi

Seperti saya jelaskan tadi, bahwa menentukan jenis air minum kemasan yang menguntungkan adalah minuman herbal dari bahan alami yang berkaitan dengan kesehatan, namun bukan sejenis obat. Kita tahu konsumen sangat menghindari efek samping pengunaan obat, jadi mengutamakan jenis air minum alami akan lebih laris dan menguntungkan. Anda bisa mengambil bahan alami seperti buah dan sayuran kemudian diekstrak dan dikemas dalam botol dan gelas.

2#Lokasi

Lokasi yang tepat adalah rumah sendiri, karena bisa menghemat biaya awal atau investasi, jika kemungkinan berkembang bisa mendirikan sebuah pabrik.

3#Modal yang dibutuhkan untuk bisnis air minum dalam kemasan

Analisis usaha saya dapatkan dari web dokterbisnis sebagai contoh modal yang dibutuhkan untuk usaha air kemasan gelas. Berikut rincian modalnya :

Modal Awal
  • Blender maksi             Rp. 500.000,00
  • Kompor + gas              Rp. 500.000,00
  • Panci 60 cm                 Rp. 180.000,00
  • Saringan + corong       Rp. 70.000,00
  • Kendaraan pengantar  Rp. 13.000.000,00
  • Mesin cup sealer         Rp. 1.000.000,00
TOTAL                                Rp. 15.250.000,00

Biaya Produksi (asumsi produksi 300 gelas / hari)
  • Bahan baku                Rp. 1.500.000,00
  • Tenaga kerja (2)         Rp. 800.000,00
  • Pengemasan                Rp. 1.150.000,00
  • Listrik+ Air + gas+ bahan bakar Rp. 180.000,00
TOTAL                             Rp. 3.630.000,00

Penjualan
Rp 1000 x 300 x 30          Rp. 9.000.000,00

Hasil                                 Rp. 5.370.000,00

itu adalah contoh, anda bisa mengubahnya sesuai modal dan skala usaha yang anda inginkan.


Teknik Pemasaran

Menentukan harga dan variasi kemasan

Menentukan varian kemasan adalah teknik pemasaran, kenapa? konsumen cenderung memilih  kemasan yang relatif kecil dengan harga yang juga rendah. Rentan harga paling laris adalah Rp 3000 sampai 10.000. Jadi jangan jauh jauh dari harga tersebut.

Promo menjadi acara dan event tertentu

Produk baru tidak langsung terkenal kecuali anda mengiklankan ditelevisi, namun sayang biayanya mahal. Untuk itu cara promo dalam acara konser dan sosial adalah cara murah dan tertarget dalam mengenalkan produk dan menjaring konsumen kedepannya.

Baca juga : Strategi jitu pemasaran produk baru dari PT Sido Muncul

Demikian ulasan mengenai Cara memulai bisnis air minum dalam kemasan dengan modal kecil yang bisa anda jalankan sebai usaha utama taupun sampingan. Sekian, semoga membantu.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}