Home » » Cara Menanam Bibit Pohon Flamboyan Bunga Yang Cantik

Cara Menanam Bibit Pohon Flamboyan Bunga Yang Cantik

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, August 12, 2022

Flamboyan atau pohon flamboyan merupakan salah satu pohon yang mempunyai bunga yang cantik. Pohon ini berasal dari Madagascar, Afrika dan termasuk pohon besar yang rindang dan mempunyai bunga yang indah. Pohon ini akan memekarkan bunganya pada saat musim semi dan musim panas. Manfaat tanaman pohon flamboyan yang bentuknya seperti payung dan mempunyai bunga dengan warna-warna cerah yaitu merah, orange, dan kuning ini digunakan sebagai peneduh dan penghias suasana karena keindahannya. Pohon ini sangat cocok jika di tanam di Indonesia karena Indonesia mempunyai iklim yang tropis dan tidak ada musim dinginnya, jadi pohon flamboyan dapat berbunga setiap tahunnya pada musim panas. Cara menanam flamboyan juga tidak terlalu sulit, pohon ini juga tidak perlu perawatan yang ekstra.
Cara Menanam Pohon Flamboyan dengan Bunga Yang Cantik


Pohon flamboyan sering disebut sebagai Royal Flamboyan, ada juga yang memberinya nama pohon api. Diberi nama pohon api karena di bagian atas pohon akan tumbuh bunga dengan warna merah seperti api. Adalagi nama lain dari pohon flamboyan ini yaitu royal ponciana. Untuk menanam pohon flamboyan ini tidaklah sulit, cara menanam flamboyan sangat mudah. Biasanya ketika akan menanam pohon flamboyan masalah awal yang muncul adalah bagaimana cara membuat biji flamboyan berubah menjadi kecambah. Hal ini menjadi masalah karena biji flamboyan mempunyai bentuk yang besar dan tertutup rapat. Jika anda hanya menanamnya dengan ditanam biasa saja dijamin biji flamboyan tidak akan tumbuh.

Untuk mengatasi masalah ini dapat dipecahkan dengan dua cara. Dua cara ini dapat anda pilih salah satu untuk mulai budidaya pohon flamboyan di rumah anda. Cara yang pertama yaitu dengan menggosok biji flamboyan dengan amplas selama beberapa detik di semua sisinya. Kemudian setelah diampelas direndam dalam air selama satu malam. Setelah direndam kulit luar biji akan mengelupas, kemudian langsung tanam biji tersebut di pot. Anda juga dapat menggunakan cara yang kedua yaitu dengan merendam biji pada air hangat selama kurang lebih 24 jam. Kemudian tanam pada pot. Kedua cara ini semuanya dapat dibuktikan dan akan berhasil. Jika berhasil dalam pembenihan pohon flamboyan akan tumbuh dalam waktu 4 sampai 6 hari. Cara menanam flamboyan di awal penanaman memang sedikit susah tapi seterusnya akan mudah.

Cara menanam flamboyan juga harus memperhatikan pH tanah dan tingkat kelembaban udara. PH tanah yang tepat untuk menanam pohon flamboyan ini adalah sekitar 5, 6 sampai 6, 0. Pohon flamboyan ini juga sangat cocok di tanam di daerah beriklim tropis. Pohon flamboyan juga dapat tumbuh pada saat musim kering. Tidak masalah jika ditanam pada daerah yang panas dan asin karena pohon ini dapat tumbuh dengan pasokan air yang memadai pada saat musim panas. Yang perlu diingat adalah pohon flamboyan tidak akan tumbuh pada saat musim dingin dan bersalju. Salju hanya akan menghambat pertumbuhan budidaya pohon flamboyan dan bahkan dapat membuat akar flamboyan menjadi busuk.

Pohon flamboyan ini termasuk dalam pohon yang besar, setiap tahunnya dapat tumbuh hingga lima meter. Cara menanam flamboyan sangat mudah dan perawatannya juga mudah. Karena pohon ini cepat tumbuh besar anda dapat melakukan pemotongan agar pohon tetap terlihat indah. Ketika memotong dahan bagian atasnya, anda dapat langsung membentuknya menjadi seperti kanopi besar. Setelah tumbuh besar pohon ini tidak memerlukan banyak perawatan dan dapat digunakan untuk berteduh dan juga tempat piknik bersama keluarga. Karena bentuk pohonnya yang besar juga dapat digunakan untuk membuat rumah pohon.

Budidaya tanaman flamboyan ini harus dilakukan di tempat yang luas dan tidak berdekatan dengan bangunan terutama rumah. Akar dari pohon flamboyan sangat banyak dan besar-besar, jika ditanam didekat rumah dan sudah mencapai ukuran yang besar dikuatirkan dapat merusak bangunan rumah. Cara menanam flamboyan yang paling penting adalah pastikan pohon mendapatkan air dan juga sinar matahari yang cukup agar bisa tetap hidup.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}