Home » , , , , , , » Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa Agar Laku Tiap Hari

Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa Agar Laku Tiap Hari

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, July 6, 2019

Memulai usaha keripik singkong sebagai bisnis utama anda adalah salah satu tindakan tepat, mengingat bahwa singkong adalah bahan makanan yang memiliki kelebihan mudah dibuat makanan apa saja, salah satunya dijjadikan makanan ringan atau camilan. Kalian bisa membuat keripik singkong dengan berbagai rasa seperti rasa coklat, keju, buah, balado, rasa pedas manis dan rasa lainnya. Adapun bahan lainnya seerti tempe, pisang  dan kentang yang tidak kalah menariknya, namun kali ini fokus ke usaha keripik singkong aneka rasa.

Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa
Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa

Keripik singkong juga bukan makanan terbaru, kripik singkong merupakan jenis makanan yang sudah turun temurun yang disukai masyarakat. JKripik singkong banyak disukai masyarakat, karena alasan sederhana saja, yaitu enak dan gurih. Ya karena masalah rasa lidah ga bisa bohong. Makanan ini enak buat teman ketika mengerjakan tugas, nonton tivi atau dihidangkan ketika kumpul sama teman teman. Makanan ini semakin disukai masyarakat karena kratifitas produsen yang meningkatkan nilai jual dari mulai rasa dan kemasan yang dipakai.

Tips Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa


Jika anda tertarik berbisnis keripik anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini agar usaha anda lebih sukses.

1. Mencari penyuplai/petani singkong untuk diajak scara kontinyu

Pertama yang haru kita lakukan dalam memulai usaha singkong aneka rasa ini adalah mencari penyuplai singkong, kalau tidk darimana kita menjual singkong? Ini adalah hal riskan, ketika sudah menemukan peyuplai kerjasamalah agar menjadi enyuplai tetap untuk usaha anda, sehingga anda pun tidak kebingunan ketika kehabisan stock dikemudian hari. Selain mempermudah penyediaan, dengan langganan anda akan diberi harga lebih murah.

2. Menyiap segala peralatan sederhana untuk proses pembuatan

Setelah mendapatkan singkongnya, siapkanlah alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan samapi keripik singkong dikemas. Seperti mesin pengemas, pemotong, perajang, penggorengan dll.

3. Membuat Brand Untuk usaha keripik aneka rasa yang anda jual

Ciptakan brand untuk keripik anda yang kria kira unik dan langsung buat booming masyarakat. Dengan boomingnya brand yang anda ciptakan. itu menadi kesempatan anda dalam mempromosikan usaha keripik anda menjadi semakin terkenal dan laris dimasyarakat. Sudah banyak contohnya, ketika brand usaha unik maka akan langsung menyebar dengan cepat, apalagi sejak adanya media sosial.

4. Terus melakukan uji coba sebelum menghasilkan cita rasa baru

Sudah sepantasnya, usaha keripik aneka rasa menciptakan rasa baru. Ujilah rasa dulu sebelum meciptakan rasa baru, jadi ketika rasanya kurang enak bisa diperbaiki lagi kedepannya, jangan langsung dijual. Sangat riskan dan sangat merusak elanggan setia ketika rasa tiba tiba berubah tidak enak. Ingat pepatah, konsumen adalah raja, jadi layani mereka dengan sebaik baiknya bair mereka senang dan menyukai poduk anda.

Berilah aneka rasa pada keripik, tidak cuma asin saja. Semakin banyak varian rasa pdaa rpdouk keripik anda, semakin banyak kesempatan konsumen akan membeli lebih dari satu rasa. Keuntungan anda jadi lebih gede bukan? Kalau bisa ciptakan dua rasa berbeda misal, keripik singkong pedas manis, asin pedas, balado manis, keju jahat dll.

5. Memberi Kemasan yang menarik

Citakanlah kemasan yang m enarik konsumen yang meberi informasi atau keterangan produk anda dengan baik, karena kemasan adalah daya tarik sebelum konsumen mecicipi makananya. Jadi kemasan itu enting. Walau rasanya enak tp kemasannya ngga menarik, belum tentu konsumen tertarik membeli. Namun dalam membuat kemasan baik ada syarat syaratnya bro, berikut syarat kemasan untuk suatu produk makanan :
  • Tidak ada toksin
  • Biaya rendah
  • Harus cocok dengan bahan yang dikemas
  • Kemudahan pembuangan kemasan bekas
  • Harus menjamin sanitasi dan syarat-syarat kesehatan
  • Kemudahan dan keamanan dalam mengeluarkan isi
  • Ukuran, berat, dan bentuk harus sesuai
6.Promosi dan pemasaran

Point penting lagi agar keripik anda terual banyak adalah promosi dan pemasaran yang baik. Promosi terbaik saat ini beriklan online. Ada dua jasa paling rekomended menurut saya yakni iklan facebook dan iklan google. DI facebook ada puluhan juta engguna aktif dan begitu juga google, jutaan pengguna mencari sesuatunya lewat google. Pemasaran yang bisa anda lakukan, ada 3 cara yakni, pemasaranlangusng dengan membuka toko, menyedian reseller dan sistem penjualan online. Silakan gunakan semuanya agar penjualan maksimal.

7. Mengakses Permodalan

Setelah semua berjalan lancar namun ditengah jalan terkendala modal untuk operasional. Jangan kecewa, dengan modal usaha anda, anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha. Salah satu akses modal usaha yang cicilan ringan adalah Kredit Usah Rakyat, KUR. Kur ini merupakan porgam pembiayaan dari pemerintah untuk UMKM yang belum bankable namun punya kelayakan untuk dibiayai  jika dilihat potensi keuntungan dan prospek kedepannya. Silakan manfaatkan KUR uuntuk modal usaha keripik singkong. Selengkapnya bisa anda baca di : KUR BRI 25 juta tanpa jaminan

Demikianlah cara memulai usaha keripik singkong aneka rasa tanpa modal besar, bisa dilakukan skala rumahan dan dijadikan usaha sampinga, sekian semoga membantu.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}